KOMPETENSI DASAR (Senin, 26 Juli 2021)

Assalaamu'alaikum Wr. Wb.
Al-hamdulillaah hari ini BDR yang ke-3, bagaimana kabar kalian, masih sehat, pulsa paketan masih mencukupi? Al-hamdulillaah
Anak-anakku terchayank ...
Seperti tugas yang saya berikan pada pertemuan kemarin tentang KD yang akan kita pelajari di semester ini, maka hari ini saya akan mengenalkan KD Bahasa Indonesia selama semester ganjil. Kalian bisa mencocokkan dengan hasil unduhan kalian di internet kemarin. Saya yakin KD yang sudah kalian temukan di semester ini sudah sesuai bukan, bukan? Al-hamdulillaah
Baiklah anak-anak, saya akan menampilkan KD semester ganjil!

KD 3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan  percobaan yang dibaca dan didengar  (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).

KD 4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca.

KD 3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).

KD 4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan  secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek  kebahasaan, dan aspek lisan.

KD 3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca.

KD 4.3  Menyimpulkan gagasan,  pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato persuasif (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca.

KD 3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca.

KD 4.4   Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

KD 3.5 Mengidentifikasi  unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar.

KD 4.5 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar.

KD 3.6 Menelaah  struktur  dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar.

KD 4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

KD 3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik  atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca.

KD 4.7 Menyimpulkan isi teks  tanggapan berupa  kritik  atau pujian  (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.

KD 3.8   Menelaah  struktur dan kebahasaan  dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau  dibaca.

KD 4.8   Mengungkapkan  kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan  secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

Bagaimana tanggapan kalian? KD di atas menarik ya!

Berdasarkan KD-KD di atas, kalian bisa mencocokkan dengan buku paket atau sumber apapun yang kalian miliki bahwa ada 4 jenis teks yang akan kita pelajari di semester ganjil ini, yaitu Teks Laporan Percobaan, Teks Pidato Persuasif, Teks Cerpen, dan Teks Tanggapan.

Andai pembelajaran kita bisa luring (luar jaringan alias tatap muka, bertemu langsung), pasti sangat menyenangkan, tapi ... ya ... sudahlah ... kondisinya tidak memungkinkan. Yang jelas karena pembelajaran kita berbasis teks, maka kegiatan kalian membaca, menganalisis, dan produknya/hasil karyanya adalah teks. Saya yakin BDR Bahasa Indonesia kelas 9 sangatlah menarik.

Anak-anak terchayank ...

Meskipun kalian BDR, untuk kegiatan praktik insyaAlloh masih bisa dilakukan, tentunya di rumah. 

Seperti halnya KD-KD di kelas sebelumnya, untuk penilaian disesuaikan tujuan pencapaian KD, yaitu penilaian tulis, praktik, dan produk. Kalian pasti mudah melakukannya, saya yakin itu. 👌👌👌 

Baiklah anak-anak, sekarang saya beri kesempatan kalian memahami KD untuk Teks Laporan Percobaan yaitu KD 3.1, KD 4.1, KD 3.2, dan KD 4.2, silakan dipahami!

💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖

Bagaimana hasil memahami keempat KD tersebut? Saya sangat yakin bahwa kalian pasti mudah memahaminya, kalian memang anak-anak yang luar biasa!!!

Sebelum kita lebih lanjut memahami Teks Laporan Percobaan, ada baiknya saya mengecek kemampuan literasi kalian. Sekarang kalian buka buku paket halaman 5 dan 6 (yang punya, bagi yang tidak punya bisa mencari sumber lain)! Coba kalian cari satu buku fiksi (buku cerita apa saja), kalian bisa pinjam jika tidak punya buku fiksi. Setelah dapat buku, silakan dibaca sampai selesai' Oh ya, sebaiknya kalian pilih buku yang tipis aja supaya tidak memakan waktu yang lama. 

Jika sudah selesai membaca, silakan kalian kerjakan isian 1. Kontrak Membaca, 2. Format Umum, 3. Format Khusus Laporan Buku Fiksi! Saya beri waktu mengerjakan kemudian tugas tersebut wajib dikumpulkan terakhir hari Jumat, 30 Juli 2021. InsyaAlloh format akan saya kirim via WA BINDO. OK. SELAMAT MENGERJAKAN DENGAN MEMBACA BASMALAH


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEGIATAN LITERASI (Rabu, 26 Agustus 2020)

CERPEN KELUARGA dan CIRI-CIRI CERPEN (Senin, 2 November 2020)

MENGANALISIS KAIDAH KEBAHASAAN PIDATO PERSUASIF (Rabu, 7 Oktober 2020)